Langsung ke konten utama

TIPS PERAWATAN RAMBUT BAYI

Perawatan rambut bayi perlu dilakukan dengan perawatan khusus. Pastikan anda menikmati setiap saat anda mencuci dan menyisir rambut bayi anda. Cari peralatan dan produk bayi yang baik dan ikuti tips perawatan rambut yang baik untuk bayi anda di bawah ini.

Ketika bayi lahir, ia biasanya tidak memiliki rambut di kepalanya. Saat ia menjadi lebih dewasa, rambutnya mulai tumbuh. Rambut bayi lebih lembut dari rambut orang dewasa, oleh karenanya memerlukan berbagai tingkat perawatan bervariasi sesuai dengan usia dan jenis rambut.

Mencuci rambut

Anda tidak perlu sering mencuci bayi anda. Hal ini karena ia cenderung menghabiskan sebagian besar waktu dirumah sehingga rambutnya tidak benar-benar kotor. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mencuci rambutnya lebih dari dua kali seminggu.

Jika pada kepala bayi Anda terdapat serpihan kotoran yg melekat pada kulit kepala dan rambut , yang merupakan bentuk ketombe pada bayi. Anda dapat meningkatkan frekuensi mencuci rambut tiga kali seminggu. Sebelum mencuci, gosokan sedikit minyak zaitun ke kulit kepala untuk mengendurkan serpihan.

Ketika anak Anda menjadi balita (lebih dewasa), rambutnya akan tumbuh lagi dan akan membutuhkan perawatan pencucian setidaknya tiga kali seminggu. Anda juga harus mencuci rambutnya ketika nampak kotor.

Jika Anda memandikan anak Anda dalam bak mandi, cucilah rambut pada tahap terakhir sebelum selesai mandi atau sesudah memakai sabun dan dibilas. Dengan cara ini, busa sampo tidak terlalu lama larut dalam air sehingga menimbulkan iritasi bagi kulit balita yang sensitif.

Gunakan sampo bayi itu untuk mencuci rambut anak Anda. Sampo untuk orang dewasa mengandung deterjen dan bahan kimia lain yang dapat mengeringkan kulit kepala bayi. Hal lain yang perlu diingat adalah untuk memastikan agar sampo tidak mengenai mata anak Anda.Sampo dapat menyebabkan mata perih jika masuk ke mata bayi Anda.

Menyisir rambut bayi Anda

Anda mungkin akan mmenemui kesulitan saat menyisir rambut anak Anda yang kusut karena mungkin ia akan menjerit dan menangis. Untuk menyisir rambut anak Anda, disarankan untuk menggunakan sisir dengan gigi-lebar atau kuas sisir dayung.

Jika Anda menggunakan sisir kecil, rambut yang kusut dapat tertangkap di situ dan menarik rambut di kulit kepalanya, menyebabkan ketidaknyamanan.

Sementara menyisir rambut anak Anda itu jangan mulai dari atas. Sebaliknya, mulai dari ujung dan secara gradual. Sisir rambut di daerah-leher pertama, karena lebih pendek dan lebih mungkin untuk mendapatkan kusut.

Jika rambut Anda sangat kusut, jangan dibasahi sebelum menyisir rambutnya. Gunakan sedikit conditioner dan kemudian sisir lembut rambut kusut keluar. Conditioner akan melunakkan rambut dan memungkinkan Anda untuk menyisir rambut kusut tanpa menyakiti anak Anda.


Memangkas rambut

Setelah anak anda satu tahun, anda harus mulai memangkas rambut anak anda. Bagi seorang balita ini adalah pengalaman yang menakutkan, ajaklah anak anda saat anda memotong rambut dan jelaskan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan sehingga tidak ada yang perlu ditakuti bagi anak saat memangkas rambut.

Jadwalah pemangkasan rambut anak ketika ia bangun dan santai, misalnya setelah selesai tidur siang. Orang tua sering melakukan kesalahan dengan memangkas rambut anak sebelum tidur siang dengan harapan si anak akan  terlalu mengantuk untuk mengetahui apa yang sedang terjadi. Ini hanya akan menyebabkan anak takut dan rewel.

Merawat bayi anda sebenarnya sangatlah mudah, yang anda butuhkan adalah untuk bersabar dan mengetahui apa yang mmembuat bayi anda merasa nyaman.

<Dari berbagai sumber>

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Bercinta Saat Kehamilan

Wajar untuk bertanya-tanya apakah bercinta selama kehamilan akan mempengaruhi bayi Anda. Bagi sebagian besar pasutri aman untuk terus bercinta selama kehamilan. Janin dilindungi  bantalan di dalam kantung ketuban. Kantung ini melindungi bayi dari air mani dan organisme menular. Orgasme dan gerakan sedikit tidak akan membahayakan janin. Stimulasi payudara dan orgasme dapat menyebabkan rahim berkontraksi, tetapi ini bukan kontraksi yang  sama bagi seorang wanita saat akan melahirkan,  jadi tidak akan menyebabkan keguguran. Seorang wanita mungkin mengalami kram setelah hubungan seksual, ini biasa. Jika kram terus berlanjut dan jika ada bercak, Anda harus memeriksakan ke dokter. Jika seorang pria memiliki infeksi alat kelamin seperti Chlamydia atau herpes, bayi akan memiliki peningkatan risiko infeksi, sebaiknya anda hindari untuk bercinta. Kehidupan seksual pasutri itu bisa berubah secara dramatis ketika mereka hamil. Hal ini karena, perubahan emosional fisik dan hormonal yang ter

Bercinta Saat Kehamilan

Bercinta selama kehamilan Ini adalah wajar untuk bertanya-tanya apakah bercinta selama kehamilan akan mempengaruhi bayi Anda. Bagi sebagian besar pasutri aman untuk terus bercinta selama kehamilan. Janin dilindungi  bantalan di dalam kantung ketuban. Kantung ini melindungi bayi dari air mani dan organisme menular. Orgasme dan gerakan sedikit tidak akan membahayakan janin. Stimulasi payudara dan orgasme dapat menyebabkan rahim berkontraksi, tetapi ini bukan kontraksi yang  sama bagi seorang wanita saat akan melahirkan,  jadi tidak akan menyebabkan keguguran. Seorang wanita mungkin mengalami kram setelah hubungan seksual, ini biasa. Jika kram terus berlanjut dan jika ada bercak, Anda harus memeriksakan ke dokter. Jika seorang pria memiliki infeksi alat kelamin seperti Chlamydia atau herpes, bayi akan memiliki peningkatan risiko infeksi, sebaiknya anda hindari untuk bercinta. Kehidupan seksual pasutri itu bisa berubah secara dramatis ketika mereka hamil. Hal ini ka

TIPS AMAN MEMANDIKAN BAYI

Banyak dari anda kaum ibu yang baru pertama kali memandikan bayi merasa khawatir dan belum begitu paham cara memandikan bayi. Buang rasa khawatir anda, yang penting berhati-hati ! Jangan lupa jagalah posisi kepala bayi agar lebih tinggi dari badanya. Berikut Tips Memandikan Bayi dengan Aman : 1. Taruh bayi di atas perlak, satu persatu lepaskan baju. Bersihkan lebih dulu jika si kecil ngompol atau pup. Seka dengan waslap yang telah dicelupkan air hangat. Mulai dari kepala, muka, lipatan leher, tangan, dada, lipatan ketiak, paha, kaki, terakhir yang paling kotor yaitu lipatan paha, area kelamin dan pantat. 2. Sabuni bayi, dengan waslap yang ditetesi sabun, mulai dari atas ke bawah. 3. Angkat bayi dengan cara menyelipkan tangan kiri di bawah tengkuknya (jika Anda tidak kidal), lalu pegang erat-erat ketiaknya. Tangan kanan memegang tubuhnya untuk dimasukkan ke dalam bak mandi. Pegang bagian punggung dan leher bayi dengan telapak tangan kiri, seme